Sejarah Prodi

Latar Belakang

Dalam rangka memasuki era globalisasi, khususnya di Bali, sangat diperlukan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam segala bidang untuk mencapai kemajuan. Salah satu hal yang sangat penting dalam mencapai kemajuan tersebut adalah dengan menambah ketrampilan, dan bersikap professional dalam segala bidang.

Bali yang terkenal dengan keindahan alamnya, semula terkenal sebagai daerah tujuan wisata, namun saat ini telah berkembang menjadi tempat berkumpulnya para pakar ilmu pengetahuan dalam konperensi dan simposium baik yang bersifat nasional maupun internasional. Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Propinsi Bali tahun 2004, diketahui bahwa Jepang menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Bali.

Melihat kenyataan tersebut Fakultas Sastra yang merupakan Fakultas tertua, dan cikal bakal Universitas Udayana ini membentuk sebuah program studi baru yaitu program studi Sastra Jepang.

Program Studi Sastra Jepang adalah satu dari tujuh program studi yang ada di Fakultas Sastra didirikan dengan SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 3203/D/T/2005 dan menerima angkatan pertamanya di tahun 2006.

Program Unggulan Program Studi Sastra Jepang

Program Studi Sastra Jepang memiliki sejumlah program unggulan yang dapat menghasilkan sumber daya manusia ( SDM ) yang berkualifikasi sarjana sastra Jepang, yang siap terjun ke masyarakat untuk merebut berbagai peluang kerja yang terbuka. Potensi lulusan program studi Sastra Jepang tidak hanya menguasai berbagai teori linguistik dan keterampilan berbahasa jepang dalam berkomunikasi lintas bangsa, tetapi juga berkompeten untuk mengisi peluang kerja di bidang penerjemahan karena mengingat Bali seringkali menjadi tempat penyelenggaraan konferensi internasional.

Jumlah Lulusan dan Peluang Kerja Lulusan

Program Studi Sastra Jepang sudah menamatkan angkatan pertamanya tahun 2010 kemarin. Di tahun 2011 ini, program studi Sastra Jepang akan menyambut angkatan keenamnya. Untuk peluang kerja lulusan, nantinya diharapkan mampu bekerja di sektor pariwisata, pendidikan, dan penerjemahan.

Daftar Nama Ketua Program Studi dan Periodisasi Jabatan

Tahun 2006-2010:            Dra. Maria Gorethy Nie Nie, M.Hum.

Tahun 2010 –sekarang:   Ketut Widya Purnawati, S.S., M.Hum.

Alamat

Jalan Pulau Nias no.13, Sanglah, Denpasar

Bali Indonesia, 〒80114

Telepon: 0361-249458

Fax: 0361-249458

E-mail: nihongo@fs.unud.ac.id